Kegunaan Konsep Merek Untuk Keperluan Konsumen

158 views

Bila Kamu mempunyai brand suatu produk, Kamu musti mengatur brand tersebut dengan strategis untuk menambah ekuitas serta loyalitas konsumen Kamu. Upaya serta manajemen pengelolaan brand ini dinamakan dengan “konsep merek” (brand-concept management). Konsep merek bisa diartikan sebagai “proses perencanaan, implementasi, serta pengendalian sebuah konsep merek selama masa hidup merek itu”. Sangat menarik apa yang telah disampaikan disini bahwa Kamu musti memahami bila konsep merek merupakan arti khusus yang dibuat oleh manajer merk serta dikomunikasikan pada target pasarnya. Membuat sebuah konsep, ataupun arti merek yang spesifik bisa diperoleh lewat pemenuhan salah satu dari tiga jenis kebutuhan dasar konsumen, yakni kebutuhan fungsional, kebutuhan simbolis, serta kebutuhan experiental.

Pendaftaran Merek

Adapun kegunaan merek untuk kebutuhan konsumen ialah

Keperluan Fungsional (Functional Needs)

Manajemen konsep merk musti berusaha untuk menawarkan solusi untuk persoalan-persoalan konsumsi ataupun peluang permasalahan yang bisa dihadapi oleh konsumen, dengan mengkomunikasikan jika sebuah merek mempunyai kegunaan spesifik yang bisa memecahkan persoalan-persoalan tadi. Mendaftarkan merek tidak susah bila anda membaca artikel cara mendaftarkan merek ini yang sudah di tuliskannya.

Kebutuhan Simbolis (Symbolic Needs)

Pemenuhan kebutuhan simbolis diarahkan pada kebutuhan konsumen dalam rangka memperbaiki diri, dihargai jadi anggota dari sebuah kelompok, afiliasi, serta rasa memiliki. Manajemen konsep merk yang ditujukan untuk pemenuhan keperluan simbolis ini berusaha mengasosiasikan manfaat merk dengan kelompok, peran, ataupun citra diri yang diharapkan. Pemasar merek-merek di dalam ketgori ini semacam produk kecantikan, perhiasan, minuman beralkohol, serta rokok biasanya adalah pemenuhan dari keperluan simbolis.

Kebutuhan Experiental (Experiental Needs)

Konsumen adalah representasi dari kemauan mereka akan produk yang bisa memberi rasa senang, keanekaragaman, serta stimulasi kognitif. Manajemen konsep merk yang diarahkan pada kebutuhan experiental mempromosikan merek jadi hal yang istimewa serta memiliki cita rasa yang tinggi (tampak elegan, merasa sehat, berbau harum, terdengar bijaksana, terasa sangat bahagia, dan lain lainnya) ataupun kaya secara stimulasi kognitif (bersemangat, menantang, menghibur, dan lainnya) Itu berarti konsumen punya keperluan, sementara merek mempunyai atribut serta ciri yang bisa memuaskan kebutuhan-kebutuhan itu. Karenanya, manfaat merk untuk memuaskan keinginan konsumen. Jadi, Kamu musti mengerti, jika hubungan merek dengan kebutuhan konsumen bisa diasumsikan sebagai 2 sisi dari satu koin yang sama. sumber informasi

Tags: #Konsep Merek

Leave a reply "Kegunaan Konsep Merek Untuk Keperluan Konsumen"

No related post!